Deretan Pemain Asal Indonesia Yang Pernah Bermain Di Luar Negeri, Main Eropa ?

 ballsXplayer.com - Disini saya akan membahas tentang pemain pemain asli indonesia, ( bukan naturalisasi ) yang pernah bermain di luar negeri.


Seorang pemain sepakbola profesional pasti tidak hanya bermain di satu tim itu ataupun di satu negara, karena penampilan mereka yang bagus pasti akan menarik perhatian para klub diluar negeri, bahkan di wilayah Eropa. 

Misalnya Son Heung Min, pemain sepakbola asal Korea Selatan tersebut berhasil menarik perhatian Klub eropa karena skillnya yang tidak kalah dengan pemain Eropa.

Son Heung Min main di Liga Inggris , Bersama Tottenham Hotspur bermain sebagai sayap.

Sebelum bersama tim asal premier league tersebut, Son Heung Min sempat bermain dengan 2 tim Bundesliga, Hamburger SV dan Bayer Leverkusen.

Langsung saja ke pembahan utama, Nama-nama pemain sepakbola indonesia yang bermain di luar negeri.

1. Evan Dimas Darmono

Evan Dimas adalah pemain sepakbola Jebolan SSB Mitra Surabaya, yg sebelumnya berada di SSB Sasana Bhakti.Evan merupakan kapten Tmnas Indonesia U-17 dan U-19 pada tahun 2013. Evan juga berhasil membawa Bhayangkara FC menjadi juara Liga 1 2017.

Klub luar negeri yang pernah dibela oleh Evan Dimas adalah Selanngor FA ( Tim asal Malaysia ) pada tanggal 2 Desember 2017, Evan Dimas resmi menandatangani kontrak satu tahun dengan klub Liga Super Malaysia tersebut.

Baca Juga : Tips Bagi Yang Mau Jadi Pesepakbola Profesional

Evan Dimas di bermain di Selangor FA bersama rekan tim nasionalnya lham Armaiyn, Evan menjalani debut pertamanya bersama Selangor FA pada tanggal 4 Februari 2018 di ajang Liga Super Malaysia , Dan Selangor berhasil menaklukan Kuala Lumpur FA dengan skor 2 - 0.

2. Egy Maulana Vikri 

Apakah ada yang tidak mengetahui Egy MV ? Pasti Tau kan. Egy berhasil adalah pemain muda yang berhasil menunjukan performa terbaiknya bersama timnas indonesia. 

Karena permainan apiknya bersama Timnas Indonesia, Egy disoroti oleh berbagai media asing eropa. Egy berhasil mencetak 13 gol dari 17 laga yang dijalani bersama Timnas Indonesia.

Egy sendiri merupakan jebolan dari Diklat Ragunan, yang sebelumnya Egy bersama SSB Tasbi Medan.

Klub luar negeri yang pernah dibela Egy MV adalah Lechia Gdanks di Liga Polandia. Pencapain yang diraih oleh Egy MV yaitu berhasil membawa Lechia Gdanks Juara Polandia Cup 2019

Dan sampai saat ini Egy Maulana Vikri masih bermain untuk Lechia Gdanks.

3. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas atau lebih sering disapa Bepe adalah salah satu pemain sepakbola terbaik  di indonesia.

Bepe berhasil menjadi pemain tim nasional dengan gol terbanyak yaitu 38 gol dari 86 pertandingan yang sudah dijalani bersama tim nasional indonesia.

Prestasi Bepe dalam negeri berhasil membawa persija jakarta menjuarai Liga 1 ( 2001,2018 ), Piala Presiden 2018.

Tim luar negeri yang dibela oleh Bepe adalah Selangor FA. Bepe menandatangani kontrak pada 2005. Bepe berhasil membawa Selangor FA juara  Malaysia Premier League, Malaysia FA Cup, dan Malaysia Cup ,semua prestasinya didapat pada tahun pertama Bepe dikontarak oleh Selangor FA yaitu 2005.

Gol yang berhasil dicetak oleh Bepe di Liga Malaysia adalah 43 gol dari 63 pertandingan yang dijalani.

Jika dijumlah semua gol yang dicetak Bepe dari Liga malaysia, Liga Indonesia, dan kejuaran antar Negara adalah 297 gol Dari 527 Pertandingan Yang dijalani oleh Bepe di dunia sepakbola.

Baca Juga : Peraturan Baru PT LIB 2020 Liga 1 Indonesia

Dan pada tahun 2020 Bepe memastikan untuk pensiun, Tetapi Bepe masih tetap bekerja di dunia sepakbola, yaitu menjadi Manager Tim Persija Jakarta.

4. Ilham Udin Armaiyn

Ilham Armaiyn adalah penggawa timnas indonesia yang seangkatan dengan Evan Dimas, Ilham Armaiyn berhasil ikut berpartisipasi dalam membawa Timnas Indonesia U-19 juara satu Piala AFF pada tahun 2013.

Ilham Armaiyn bermain sebagai sayap. Ilham  Armaiyn ikut menyumbangkan 10 gol untuk tim nasional indonesia dari 47 pertadingan yang di dilakoni sejak 2017.

Ilham sendiri juga membawa Bhayangkara FC menjuara Liga 1 2017 bersama dengan rekan tim nasionalnya Evan Dimas.

Pemain jebolan Diklat Ragunan ini pernah bermain di Malaysia bersama team Selangor FA.

Ilham Armiyn bermain di Selangor FA bersama dengan Evan Dimas. Pada 2 Desember 2017 Ilham menandatangani kontrak bersama Selangor FA dengan status Bebas Transfer.

DiLiga Super Malaysia Ilham Armaiyn hanya bisa menyumbangkan satu gol dari 16 penampilannya dengan Selangor FA.

5. Rudolf Yanto Basna

Yanto Basna menjalani memulai karier pertamanya bersama Deportivo Indonesia.Lalu bersama dengan Sriwijaya FC dan akhirnya membela Mitra Kukar, Persib bandung , dan Sriwijaya FC di Liga 1 Indonesia.

Selama di Liga 1 Indonesia , Yanto Basna  Bermain  22 Penampilan bersama Mitra Kukar , 18 penampilan bersama Persib Bandung , dan 26 penampilan dengan Sriwijaya FC.

Yanto Basna berposisi sebagai Bek tengah . Pada 2015 Yanto Basna berhasil menjadi pemain terbaik di ajang Piala Jendral Sudirman.

Yanto Basna pernah bermain dengan 3 team asal Thailand.

Team yang dibela pertamanya adalah Khoen Khaen FC di Liga 2 Thailand, dan Sukhotai di Liga 1 Thailand.

Walaupun berposisi sebagai Bek, Yanto Basna berhasil membukukan 3 gol selama di Thailand.

Dan pada 2020 ini lagi-lagi di kontrak oleh team asal Liga 1 Thailand yaitu Prachuap. Tetapi belum bermain sekali pun karena adanya pandemi Covid-19.

6. Andik Vermansyah

Andik vermansyah memulai kariernya bersama dengan Persebaya U-18. Pada tahun 2008, Andik resmi masuk Persebaya Surabaya Senior.

Selain itu Andik juga salah satu pemain andalan Timnas Indonesia, dibuktikan dengan 15 golnya yang di bukukan untuk Timnas Indonesia

Baca Juga : Team Besar Tetapi Tersisihkan Di Liga Champions

Andik bermain di Persebaya dari 2008 - 2013 . Andik bermain untuk persebaya sebanyak 92 kali penampilan, dan berhasil menorehkan 36 gol untuk Persebaya.

Pada 2013 Akhir Andik pindah ke klub Liga Super Malaysia, Selangor FA . Andik berhasil menjadi pemain andalan Selangor FA dengan torehan 15 gol dari 68 pertandingan.

Tidak hanya bersama Selangor, setelah masa kontrak dengan Selangor FA habis, Andik dikontrak oleh Kedah FA, yang juga merupakan team asal Liga Super Malaysia.

Walaupun Andik hanya tampil 18 pertandingan, tetapi andik berhasil tampil mempesona dengan 11 gol bersama Kedah FA.

Pada tahun 2019 Andik memutuskan kembali ke indonesia dan bermain untuk Madura United. Dan pada tahun 2020 ini Andik bermain untuk Bhayangkara FC.

7. Ferdinand Sinaga

Ferdinand hanya tampil 5 pertandingan bersama kelantan di Liga Super Malaysia, tanpa mencetak gol satu pun

Tapi walaupun gagal di Liga Super Malaysia, Ferdinand mempunyai segundanf prestasi di Indonesia.

Prestasinya yang paling diingat oleh fans-fansya adalah membawa Persib Bandung juara Liga Super Indonesia 2014.

8. Witan Sulaiman

Penggawa Timnas Indonesia ini bermain untuk FK Radnik Surdulica di Liga Utama Serbia , Witan hanya bermain dua kali dari tiga pertandingan yang dijalani.

Tetapi Liga dihentikan karena adanya pandemi COVID-19.

Witan sendiri bermain dengan Timnas Indonesia sebanyak 25 kali pertandingan dan berhasil menyumbangkan 11 gol untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga : Jawara FA Cup Menggila

Witan sendiri se-angkatan dengan Egy Maulana Vikri di Timnas Indonesia.

Sekian Informasi Dari Saya, Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Yang Membacanya.Saya Mohon Maaf Jika Ada Kesalahan Penulisan Kata.

Untuk Berkomentar Silahkan Follow Blog Ini.  Sekian Terima Kasih Atas Kunjungannya.

0 Response to "Deretan Pemain Asal Indonesia Yang Pernah Bermain Di Luar Negeri, Main Eropa ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel